Welcome Benvenuto Assalamualaikum Bienvenue Selamat Datang hua-nyíng-gua-nglín Willkommen Bienvenido Sugeng-Rawuh hwangyong-hamnida Wilujeung-Sumping Welkom Velkommen Aloha Salamaik-Datang Sawasdee

Monday 25 September 2023

Balige: Menikmati Toba Lebih Dekat


Akhirnya, salah satu destinasi yang ingin saya kunjungi, tercapai juga. Yup, Danau Toba di Sumatra Utara. Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau dengan panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer ini merupakan kaldera gunung berapi Toba yang meletus sekitar 74.000 tahun yang lalu.


Untuk mencapai Danau Toba, kita bisa menggunakan bandar udara Sisinga Mangaraja XII, yang terletak di kecamatan Siborong-borong. Meskipun tidak begitu besar, bandara ini merupakan bandara internasional yang memiliki penerbangan langsung ke luar negeri.


Kabupaten Toba sendiri merupakan salah satu kabupaten yang mengelilingi danau Toba. Sebelumnya, kabupaten ini bernama kabupaten Toba Samosir yang merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Tapanuli Utara pada tahun 1998 lalu. Kemudian, kabupaten Samosir juga dimekarkan dan diresmikan pada tahun 2004. Sehingga sekarang kabupaten Toba dan kabupaten Samosir menjadi dua kabupaten yang berbeda.


Kalau mengunjungi suatu daerah, tentu belum lengkap kalau tidak mencoba kuliner khas daerah setempat. Nah, salah satu makanan khas daerah Toba adalah Mi Gomak. Tekstur mi dari mi gomak ini agak mirip dengan Mie Aceh. Bentuk minya agak besar seperti pasta Italia. Mi Gomak dapat dinikmati dengan kuah atau tanpa kuah.
Makanan lain yang wajib dicoba adalah Dengke Mas Naniura. Naniura merupakan makanan yang menggunakan ikan mas atau ikan mujair sebagai bahan utamanya. Naniura berarti dimasak tidak menggunakan api. Memang, ikan yang disajikan tidak dimasak dengan api, namun ikan tersebut "matang" karena fermentasi rempah-rempah dan bumbu yang digunakan, utamanya Andaliman, atau lebih dikenal dengan nama Merica Batak. Meski tidak dimasak, naniura tidak berbau amis dan tetap enak dimakan.






Share:

0 Comments:

c'est moi

Member of

1minggu1cerita