Welcome Benvenuto Assalamualaikum Bienvenue Selamat Datang hua-nyíng-gua-nglín Willkommen Bienvenido Sugeng-Rawuh hwangyong-hamnida Wilujeung-Sumping Welkom Velkommen Aloha Salamaik-Datang Sawasdee

Monday 12 November 2007

West Sumatra (part 1)

Sumatera Barat, sebuah provinsi yang terletak di bagian barat pulau sumatra, terkenal dengan budayanya yang sangat kental. provinsi terluas kesebelas di Indonesia ini juga dikenal dengan nama ranah minang karena dihuni oleh sebagian besar suku minangkabau. Selain budaya dan adat istiadat, provinsi yang dilewati oleh bukit barisan ini juga menyimpan panorama alam yang menakjubkan.
Nah, gambar disamping kiri ini adalah gunung Marapi. Gunung yang diibaratkan sebagai "penjaga" ranah minang bersama gunung Singgalang (samping kanan), keduanya menjadi simbol abadi tanah Sumatera Barat. Selain pegunungan, provinsi ini juga memiliki keindahan danau-danau yang terbentang di Kabupaten Agam, Tanah datar dan Solok.
Dua yang terkenal diantaranya adalah danau singkarak dan danau maninjau. Danau singkarak (gb. kiri) yang terletak di dua kabupaten, terkenal dengan tangkapan danau, ikan bili. ikan ini hanya ada di danau ini, dan sangat gurih kalau digoreng garing. enak. saya sangat menyarankan anda untuk mencobanya kalau nanti berkunjung kesini. Di sebelah utara kota Bukittingi juga terdapat danau yang kalau di pagi hari terlihat sangat indah. Danau maninjau (gb. kanan). Keindahan panorama maninjau memang sudah begitu terkenal. selain karena danaunya, disekitar daerah danau ini juga terdapat jalan dengan jumlah belokan yang banyak yang lebih dikenal dengan kelok 44 (kelok ampek puluah ampek).


--- bersambung

Share:

0 Comments:

c'est moi

Member of

1minggu1cerita